Senin, 04 Juli 2011

Struktur HTML

Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit tentang HTML. Mungkin bagi anda yang belum mengerti masih bingung kayak apa sich HTML itu??? Jangan bersedih yach!!! Saya akan memberikan contohnya. Mari kita mulai! Karena HTML adalah sebuah bahasa, maka HTML mempunyai aturan dan struktur tertentu untuk menuliskan perintah-perintahnya. Perintahnya ini bisaa di namakan “tag HTML”. Aturan penulisan dalam HTML ini di awali dengan tag pembuka yang di lambangkan dengan tanda “” dan di akhiri dengan tag penutup yang di lambangkan dengan tanda “”. Contohnya <body> (di baca tag body) tag ini adalah tag pembuka dan </body> ini adalah tag penutup.
Gimana??? Sudah ngerti belum mengerti belum dengan contoh di atas??? Dari contoh di atas sudah bisa membedakan kan antara tag pembuka dan tag penutup. Kalau belum bisa, aku kasih tahu dech…. Untuk membedakan tag pembuka dan tag penutup yaitu kalau tag penutup ada tanda “/” setelah tanda “<” kalau tag pembuka kagak ada apa-apanya. Sudah bisa bedakan kan??? Pasti bisa donk!!!

Biar anda tambah mengerti. Aku kasih gambaran struktur HTML nich :

<HTML>
<Head>
<Title>Judul WEB tulis disini</title>
</head>
<body>
Kode-kode yang lain tulis disini
</body>
</HTML>


Dari struktur di atas, terlihat bahwa kode-kode HTML lainnya untuk keperluan isi web akan di letakkan di antara pembuka “<body>” dengan penutup "<body>”. Dengan demikian dapat di katakan bahwa informasi yang berupa kode-kode akan di apit dengan tag awal/pembuka dan tag akhiran/penutup, dan sebuah apitan tag juga bias di apit oleh tag lainnya. Akan tetapi dalam HTML ada beberapa tag yang tak perlu di akhiri/ditutup. Seperti “<br>”
Setelah anda mengerti dengan apa yang saya jelaskan di atas,mungkin anda masih timbul Tanya “apa yang harus saya gunakan untuk menuliskan kode-kode HTML???” untuk menulis kode-kode HTML kita membutuhkan program editor seperti frontpage, dreamwaver, notepad dan lain-lain. Tapi dalam tutorial ini saya menggunakan Notepad++.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda ..!!! My Facebook